Open Innovation itu adalah sebuah pernyataan yang menyatakan sebuah perusahaan harus menggunakan ide-ide yang bukan lagi hanya dari internal, tapi kita bisa menggunakan ide-ide dari eksternal, bayangkan jika kita mempunyai 2 juta orang dengan pemikiran jalur bisnis sama, dan kita mempunya pegawai hanya 300 orang, apakah kita hanya menggunakan ide-ide dari 300 pegawai kita saja? nooo, kita manfaatkan dunia luar, kita sudah masuk zaman globalisasi bung. kita harus mulai menggunakan koneksi koneksi yang ada

open Innovation itu sebenarnya adalah ide yang sangat bagus dan brilliant, namun harus tetap waspada, jika ada ide yang menggiurkan namun malah menyebabkan perusahaan kita bangkrut, kita juga harus meneliti ulang ide-ide yang berasal dari eksternal

 

sebuah contoh perusahaan yang sudah mulai menggunakan open innovation, sebagai contoh, saya akan mengambil yang sering terlihat di SBM-ITB, l’oreal business game, l’oreal brandstorm, itu adalah contoh game yang dibuat oleh perusahaan l’oreal

 

kalau perusahaan sebesar l’oreal menggunakan open innovation kenapa perusahaan lain tidak?

contoh lagi, yang baru-baru ini akan mulai adalah iMotion, sebuah game dari Range Rover yang mengusung marketing plan, bagaimana kita memanage marketing plan kita dengan baik terhadap suatu produk yang ditentukan oleh Panitia lomba

Sedangkan open business model itu adalah konsep melakukan bisnis dengan cara yang transparan dengan erat mengintegrasikan ekosistem peserta, bekerja sama di ruang publik.

Definisi ini terinspirasi oleh gerakan-gerakan terbuka, prinsip-prinsip konten terbuka, alat dan standar terbuka
Hal ini terutama berfokus pada penciptaan `terbuka ‘produk dan / atau jasa.
Pendekatan ini mengklaim bagi kepentingan semua dan bukan hanya untuk satu kelompok atau pemangku kepentingan, baik pemegang saham, pegawai, pemerintah dll
Risiko kebangkrutan usaha terbuka-gerakan tersebut berkurang karena fakta, bahwa buah dari pekerjaan mereka tetap di bersama dan oleh karena itu tetap sebagai dasar permanen untuk memulihkan usaha yang terbuka, bahkan dalam situasi yang paling kritis.
didalam open business model, hal-hal yang peru diperhatikan adalah :
Open participation – sebuah prinsip mendasar adalah kolaborasi terbuka di semua tingkat di semua lokasi
partisipasi Open – undangan terbuka untuk bergabung dengan organisasi
Hak-hak individu – setiap orang didukung dan didorong untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan pengembangan pribadi mereka, yaitu teknis, pribadi, rohani, dll
Masyarakat Fokus – produktivitas kegiatan dilihat sebagai bagian dari berbagai aktivitas manusia normal misalnya kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat, komitmen agama, dll
Lembaga gratis – organisasi tidak didasarkan pada setiap instansi yang ada – negara, agama atau sebaliknya. Anggota dapat menahan pandangan atau afiliasi apapun yang mereka sukai.
Buka pengetahuan – pertukaran bebas pengetahuan dengan memanfaatkan-sebanyak mungkin-standar terbuka, open source dan prinsip-prinsip isi terbuka.
Buka anggota rincian – termasuk akses terbuka untuk rincian kontak dari semua anggota lainnya dalam bentuk yang nyaman
Buka keuangan – semua informasi akuntansi termasuk kompensasi orang lain
Advertisements